Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Tanggamus

Dedi Wahyudi(1), Agus Salim(2),


(1) Program Studi Ekonomi Syariah, STEBI Tanggamus, Lampung
(2) Program Studi Ekonomi Syariah, STEBI Tanggamus, Lampung
Corresponding Author

Abstract


Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap pengamalan nilai-nilai Islam dalam kegiatan perekonomian adalah salah satu yang melatarbelakangi makin berkembangnya lembaga keuangan syariah di Indonesia, salah satunya adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Perusahaan dituntut berusaha membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu untuk dapat mempertahankan posisi pasarnya di tengah persaingan yang semakin ketat. Pada penelitian ini didapat hasil penelitian koefisien regresi variabel kualitas pelayanan (X) sebesar 0,193 yang berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah sebesar 19,3%, hal ini membuktikan bahwa Bank Syariah Tanggamus harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabahnya.


References


A. Usmara, Strategi Baru Manajemen Pemasaran, Amara Book, Yogyakarta, 2003

Jhon C. Mowen, Michael Miner, Perilaku Konsumen, Erlangga, akarta, 2001

J. Supranto. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. cet. III, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Prehalindo, Jakarta, 2000

Rosady Ruslan, Metodologi Penelitian Public Relation dan Komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1997

Teuku Aliansyah, dkk, “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh”, Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 1, November 2012

Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja Islami, Gema Insani, Jakarta, 2002

Wayan Arta Paramarta, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pizza Hut Gatot Subroto Denpasar”, Jurnal Manajemen, Vol. 6, No.2, 2008


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 170 times
PDF Download : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.